KABAR HARIAN INDONESIA - Minuman buah paket yang banyak di jual untuk beberapa anak nyatanya tidak banyak yang memiliki nutrisi. Laporan paling baru dari Children's Drink Facts 2019 temukan tidak satupun minuman manis itu sehat untuk dikonsumsi oleh beberapa anak.
Banyaknya Zat Pemanis
Bukannya kaya gizi dari buah, minuman itu malah lebih banyak terkandung pemanis yang tidak baik untuk kesehatan. Gula yang berlebihan dihubungkan dengan obesitas, diabetes, serta penyakit jantung.
Stud ini mempelajari 34 minuman buah paket memiliki kandungan pemanis yang laku di Amerika Serikat. Hasilnya, dua pertiga minuman itu tidak memiliki kandungan juice buah fresh, walau sebenarnya produk itu memakai gambar buah fresh pada kotak minuman. Walaupun ada yang memiliki kandungan juice buah fresh, tetapi banyaknya tidak sampai lima %.
"Sejumlah besar minuman manis melabeli minumannya jadi 'sumber vitamin C yang baik' atau '100 % vitamin C' tapi mereka tidak mempunyai atau cuma mempunyai sedikit juice buah," kata periset dari Pusat Kebijaksanaan serta Obesitas Pangan, University of Connecticut, Jennifer Harris, diambil dari CNN.
Sepertiga dari minuman buah itu memiliki kandungan 16 gr gula, lebih dari 1/2 keperluan gula harian pada beberapa anak. Beberapa minuman seperti Lemonade Minute Maid Coca-Cola memiliki kandungan makin banyak gula.
"Satu kotaknya mempunyai 21 gr gula. Beberapa anak tidak semestinya konsumsi lebih dari 25 gr gula satu hari," tutur Harris.
Studi ini temukan iklan yang masif serta menunjukkan pola hidup sehat jadi salah satunya fakta minuman buah-buahan laku manis serta di nikmati beberapa anak. Cap pada minuman buah-buahan membuat orangtua berpikir minuman itu baik untuk beberapa anak mereka.
"Saya ketahui jika orangtua ingin beberapa anak mereka jadi sehat, tapi minuman manis benar-benar memusingkan buat orangtua," papar Harris.
Tidak cuma orangtua, tetapi anak- anak umur 2-11 tahun terkena iklan itu. Beberapa anak lihat iklan minuman manis 2x makin banyak dibanding iklan minuman tanpa ada gula penambahan. Jumlahnya iklan yang mereka lihat serta 4x makin banyak dibanding orang dewasa.